Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Danau Weekuri

Sumba Barat Daya merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan terletak di Pulau Sumba. Kabupaten ini punya tempat- tempat yang indah untuk anda kunjungi. Sebut saja salah satunya Danau Weekuri. Danau ini merupakan salah satu objek wisata paling unik di Pulau Sumba, karena tidak seperti danau-danau lainnya yang berair tawar, air Danau Weekuri terasa asin. Danau Weekuri terletak di Desa Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Danau ini tak terlalu luas, kira-kira hampir seluas lapangan sepakbola. Airnya sangat bening, sehingga dasar danau tampak dari permukaan, pasir di dasar danau berwarna putih seperti pasir di pantai. Hal ini dikarenakan letak Danau Waekuri berada di dekat laut, hanya terpisah oleh tebing-tebing batu karang. Airnya pun asin, karena air laut masuk melalui celah-celah tebing lalu tertampung oleh cekungan yang dipagari oleh batu-batu.
Air laut masuk melalui celah tebing yang menjadi pemisah dan bercampur dengan air tawar dari mata air. Jadi jangan heran jika anda merasakan suhu berbeda saat menceburkan diri di Danau Weekuri. Kombinasi air hangat dan dingin akan terasa di beberapa area danau.

Danau Weekuri ini menjadi primadona wisata di Sumba Barat Daya karena jarang sekali berjumpa dengan danau air asin dan suasana alam yang sangat indah mengelilingi danau ini. Danau ini pun juga tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang. Suasananya masih sangat tenang dan asri. Masih jauh dari kata ramai. Pemandangan dari atas danau pun juga sangat cantik. Sangat cocok menjadi salah satu alternatif tujuan liburan Anda.

Airnya yang sebening kaca, membuat siapapun yang berkunjung ke danau ini ingin langsung menceburkan diri dan berenang disana. Setelah puas menikmati kesegaran air danaunya, cobalah juga naik ke atas bukit karang yang mengelilingi danau ini. Anda pasti akan terpukau. Dari atas bukit karang ini, anda dapat melihat lautan luas dan padang rumput hijau. Danau Weekuri pun tampak lebih biru dari atas bukit karang. Jangan lupa untuk mengabadikan semua keindahan alamnya dengan kamera anda.

Berada di 60 km dari Tambaloka, Sumba Barat Daya, butuh waktu tempuh kurang lebih dua jam untuk sampai ke Weekuri. Berkunjung ke Danau Weekuri sangat cocok bagi anda yang punya jiwa petualang tinggi. Karena, setelah menggunakan transportasi udara dari ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang, anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil dari Tambaloka. Jalan yang menuju ke Danau Weekuri memang sudah beraspal sebagian, tapi sebagian besar lainnya masih berupa pengerasan tanah.

Anda juga akan melewati areal hutan yang di kanan kirinya terdapat semak belukar dan jalan yang sempir sehingga harus berhati-hati. Setelah tiba di portal pos penjagaan, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 25 meter untuk tiba di Danau Weekuri.

Fasilitas di danau ini masih sangat minim. Tidak ada warung makan atau hotel di sini. Sebelum berkunjung ke tempat ini sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Bila mau menginap, Anda bisa mendapatkan penginapan di pusat kota Tambolaka.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.